Networking, Server

OSI -Layer

Tahun 80-an, kata network tidak akan memberikan bayangan akan PC LANs, dan tentunya bukan enterprise wide network (WAN). Orang- orang yang bekerja dibidang telekomunikasi hanya membayangkan network sebagai jaringan telepon. Orang- orang yang bekerja dibidang data communications, kata itu berarti sebuah jaringan antara terminal dan host (mainframe system).

Sekarang, LAN mewakili sekelompok komputer yang terkoneksi satu dengan lainnya yang share aplikasi, data dan peralatan. Sedangkan WAN adalah sekelompok LAN yang terinterkoneksi satu dengan yang lainnya melalui jaringan telepon, satelit, atau media lainnya.

 

Sepuluh tahun yang lalu atau lebih, arsitektur system komputer yang standar adalah terdiri dari 3 tingkatan, yang paling atas adalah mainframe, lalu minicomputer dan terakhir adalah PC LAN. Mainframe digunakan untuk data- data penting perusahaan seperti accounting, payroll dan inventory. Minicomputer digunakan (beberapa terkoneksi ke mainframe) untuk aplikasi departemen seperti manufacturing, invoicing, dan aplikasi departemen lainnya. Dan PC LAN digunakan untuk aplikasi office automation seperti word processor dan spreadsheets. PC dan PC LAN ada yang terhubung langsung ke minicomputer tetapi tidak ke mainframe.

 

Kemudian arsitektur 3 susun ini beralih ke 2 susun dimana sekarang baik minicomputer maupun PC LAN langsung dihubungkan ke mainframe tetapi aplikasi yang mission critical atau penting dijalankan di mainframe.

 

Arsitektur 2 susun itupun menjadi rata sehingga 1 susun saja dimana PC LAN telah memperoleh peranan yang lebih tinggi lagi. Arsitektur komputasi sekarang adalah transisi dari host-based ke distributed. Arsitektur komputasi masa depan adalah client/server atau distributed. Dengan arsitektur ini data dan aplikasi tidak terintegrasi di mainframe lagi tapi didistribusikan diseluruh system termasuk PC LAN server.

 

Beberapa klasifikasi network:

Departmental networks, dipergunakan oleh sekelompok kecil yang bekerja dengan satu tujuan yang sama. Tujuan utama departemen adalah untuk men-share local resources, seperti applications, data, laser printer dan modems.

 

* Campus network yang menghubungkan beberapa departemental LANs dalam sebuah gedung atau kampus sebuah perusahaan.

* Enterprise networks menghubungkan komputer- komputer diseluruh lokasi dari satu perusahaan tertentu. Mereka bisa meliputi sebuah kota, pulau atau benua.

* Global network meliputi semua departemen, campus, branch offices dan subsidiaries dari sebuah perusahaan.

 

OSI Model

 

Open System Interconnection (OSI) merupakan sebuah model untuk komunikasi komputer yang terdiri dari 7 layer atau lapisan (OSI 7 layer). Sebelum adanya OSI yang merupakan standar internasional ini, setiap perusahaan komputer seperti IBM dan DEC mempunyai arsitektur masing- masing sehingga produk yang dihasilkan mereka tidak bisa saling inter-operasi

 

7.Application

6.Presentation

5.Session

4.Transport

3.Network

2.Data Link

1.Physical

 

Layer terbawah adalah physical layer membuat hubungan langsung dengan kabel yang dipergunakan untuk transmisi seperti twisted pairs, coaxial cable, fiber optic link, dll.

Data Link layer yang dilaksanakan oleh FIRMWARE pada network interface card (NIC) akan meletakkan bit-bit transmisi dalam urutan tertentu, yang disebut FRAME, dan menambahkan address dari node pengirim dan penerimanya. Kedua layer yang pertama ini hanya memberikan hubungan local antara node maka dinamakan LOCAL NETWORK CONNECTIVITY.

 

Layer 3 s/d 7 biasanya dilaksanakan dengan software. Layer Network menciptakan jalur data melalui WAN atau internetwork. Untuk melakukan ini, layer network menciptakan local dan network address. Tanggung jawab lain dari layer network ini adalah melakukan routing data (pada layer ini data disebut packet) dari sumber ke tujuan melalui transmisi LAN, MAN, WAN yang tepat.

 

Layer Transport melakukan pengurutan dan pemecahan data yang besar kedalam paket- paket dan bertanggung jawab untuk kelangsungan koneksi keberbagai bagian network. Jadi layer 3 dan layer 4 dinamakan dengan INTERNETWORK CONNECTIVITY.

 

Layer Session, berperan menambahkan dimensi logika kepada koneksi fisik dari layer-layer yang lebih bawah. Proses logika ini mengontrol koneksi dan diskoneksi dari jalur komunikasi data (session), dan menciptakan peraturan (half atau full duplex) untuk melaksanakan komunikasi. Apabila hubungan komunikasi terputus maka layer ini akan memulainya lagi dimana tadi telah terganggu atau terhenti.

Setelah berhasil memperoleh data dari workstation lain pada LAN atau WAN. Kita harus memastikan bahwa data itu dalam format yang dapat dibaca dan digunakan. Layer Presentation dan Application memastikan interoperabilitas ini.

 

TOPOLOGY

 

Dalam networking topology merupakan layout dari system pengkabelan. Tidak memperhatikan jenis kabelnya apakah twisted, coaxial, apakah diletakkan di langit2 atau di dasar dinding.

3 kategori topology: Linear Bus, Star dan Ring

 

NOS (NETWORK OPERATING SYSTEM)

 

Untuk mengerti apakah NOS (Network Operating System) itu, pertama-tama kita harus tahu dulu apakah Operating System itu. Intinya Operating System adalah otaknya dari sebuah komputer. OS merupakan pengendali utama dari software, atau kadang-kadang berhubungan dengan mengatur fungsi internal antara hardware dengan device operation.

NOS adalah operating system tingkat tinggi, yang mampu untuk me-manage beberapa user-bahkan ribuan user dengan device yang secure, bermacam-macam dan cepat berkembang.

Ciri dari NOS biasanya memiliki feature-feature antara lain:

 

* Tampilan pengendali yang menarik dan mudah dengan GUI.

* Memiliki metoda penyimpanan data jaringan yang baik.

* Keamanan yang tinggi.

* Fasilitas pengiriman data ke printer atau komputer lain.

* Pemusatan penyimpanan data jaringan.

* Log-on jarak jauh oleh pemakai melalui modem.

* Dapat menggunakan workstation tanpa hard disk atau disket.

 

Untuk NOS sejak dulu telah ada beberapa diantaranya:

– Novell Netware

– Windows NT Server

– Linux/ Unix

– Windows 2000 Advanced Server

 

Windows NT Server

Sekitar akhir tahun 1988, Bill Gates – pemilik Microsoft bekerjasama dengan David N. Cutler yang telah bekerja selama 17 tahun pada Digital Equipment Corporation, dimana ia mengepalai Digital Equipment’s Virtual Memory System (VMS) bersama- sama Bill Gates membangun VMS operating system untuk VAX platform. Bill Gates menghabiskan waktu 3 tahun untuk membangun operating system baru itu yang kemudian diberi nama Prism, dan dibuat versi Unix-nya oleh VMS dan Digital Equipment’s dengan nama Ultrix.

 

Windows NT File systems

Windows NT support beberapa file system diantaranya FAT (File Alocation Table), CD-ROM File System (CDFS), High Performance File System (HPFS) dan NT File System (NTFS)

 

Penutup:

Network/jaringan adalah suatu cara menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dengan menggunakan kabel dan network card. Ada dua kategori jaringan :

 

LAN (Local Area Network), suatu jaringan komputer yang berada dalam satu wilayah (satu gedung atau satu organisasi yang sama).

WAN (Wide Area Network), memiliki jangkauan yang lebih luas dari LAN, bisa antar kota atau antar negara.

 

Perangkat yang dibutuhkan untuk membuat suatu jaringan komputer adalah:

1. Network Interface Card (NIC)

2. Kabel jaringan

3. Software pengendali jaringan (NOS)

 

Routers and Gateways

 

Perbedaan antara router dan gateway mudah dipahami ketika anda mengerti tentang model-OSI.

Gateway berada pada layer Application, sedangkan router aktif pada layer Network dan

Transport.

Hal ini berarti suatu router lebih cepat dari pada gateway, karena protocol pada gateway harus

melalui Layer Session, Presentation dan Application untuk di route.

 

Layer 1 (physical)

Network components:

1 Repeater

2 Multiplexer

3 Hubs(Passive and Active)

4 TDR

5 Oscilloscope

6 Amplifier

 

Protocols:

1 IEEE 802 (Ethernet standard)

2 IEEE 802.2 (Ethernet standard)

3 ISO 2110

4 ISDN

 

Layer 2 (Datalink)

Network components:

1Bridge

2Switch

3ISDN Router

 

Protocols:

Media Access Control:

Communicates with the adapter card

Controls the type of media being used:

1 802.3 CSMA/CD (Ethernet)

2 802.4 Token Bus (ARCnet)

3 802.5 Token Ring

4 802.12 Demand Priority

 

Logical Link Control

1 error correction and flow control

2 manages link control and defines SAPs

 

802.2 Logical Link Control

1 Intelligent Hub

2 NIC

3 Advanced Cable Tester

 

Layer 3 (Network)

Network components:

1 Brouter

2 Router

3 Frame Relay Device

4 ATM Switch

5 Advanced Cable Tester

 

Protocols:

1 IP; ARP; RARP, ICMP; RIP; OSFP;

2 IGMP;

3 IPX

4 NWLink

 

NetBEUI

1 OSI

2 DDP

3 DECnet

 

Layer 4 (Transport)

Network components:

1 Gateway

2 Advanced Cable Tester

3 Brouter

 

Protocols:

1 TCP, ARP, RARP;

2 SPX

3 NWLink

4 NetBIOS / NetBEUI

5 ATP

 

Layer 5 (Session)

Network components:

1 Gateway

 

Protocols:

1 NetBIOS

2 Names Pipes

3 Mail Slots

4 RPC

 

Layer 6 (Presentation)

Network components:

1 Gateway

2 Redirector

 

Protocols:

None

Layer 7 (Application)

Network components:

1 Gateway

 

Protocols:

DNS; FTP

TFTP; BOOTP

SNMP; RLOGIN

SMTP; MIME;

NFS; FINGER

TELNET; NCP

APPC; AFP

SMB

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s