Ini Ceritaku Mana Ceritamu, Linux, Networking, Server

Layar Hitam nan Membosankan (Vmware,Cisco,Alteon,Juniper Linux)

Jaringan komputer gak bisa jauh” dari yg namanya router ataupun server. beberapa tahun yang lalu, sempet nanya sama orang yg gawe di IBM.

“Mas.. gak bosen apa layar nya item gitu” , doi jawab, ini yg enak, klo tinggal pencet (GUI) lama kerja nya.

Pernyataan yg aneh menurut gw. Tapi, setelah belajar sana-sini, gw ada setujunya sama doi, SETENGAH SETUJU.   Buat gambaran bagi nubi-nubi  yang pengen tau hal dimana aktivitas seperti ini memberikan kesengan bagi mereka “internet”.

Berikut gw tampilin layar” membosankan yg di pelototin para enginner ya meskipun ada yg beberapa versi GUI nya.

juni

alteon

vmwareStep 4GNS3-cisco

Advertisements
Standard
Ini Ceritaku Mana Ceritamu, Linux, Opensource

Pi Store!..?

piStore

Ada Apps Store, Ada PlayStore, nah lo ini Pi Store!!? Aplikasi yang ada di Pi store cuma ada 80an, Dikit banget, mungkin karna baru kali ya.

Pi store sejenis kayak store aplikasi yang nyedian aplikasi yg udah bisa jalan di os tsb. keren ya Raspberry. makin tertarik untuk mempelajari nya lebih lanjut.  🙂

Standard
Ini Ceritaku Mana Ceritamu, Linux, Opensource, python, RaspberryProject

Lampu kelap-kelip ala Pi.

Tadi di kampus ngoprek si Pai biar bisa kedip” gitu, Awal nya dari aksi Show ON nya @muhammadseptyan yang dengan keren nya bikin led yang nyambung ke GPIO Pai bisa nyala dengan program python (BUKAN ULER GAN!).

Awal nya ide gw, gimana tu LED bisa kedap-kedip. alhasil di coba lah. googling sana sini, gak dapet. hahaha, betapa idiot nya gw. padahal punya ebook “Getting Started With Raspberrypi O’relly” . Akhir nya buka tu ebook. ternyata ada di Chapter 8.

import RPi.GPIO as GPIO
import time
GPIO.setmode(GPIO.BCM)
GPIO.setup(25, GPIO.OUT)
while True:
GPIO.output(25, GPIO.HIGH)
time.sleep(1)
GPIO.output(25, GPIO.LOW)
time.sleep(1)

diatas itu kodingan nya. Gw masih belum paham dengan penjelasan nya. Maklum baru banget terjun ke embeded (padahal gw anak Sistem Komputer :-p )

gw sempet liat di hp nya –> @muhammadseptyan ada datasheet dari port GPIO yang bentuk nya kayak gini.

P1 Header Pinout, top row:

Pin Number Pin Name Rev1 Pin Name Rev2 Hardware Notes Alt 0 Function Other Alternative Functions
P1-02 5V0 Supply through input poly fuse
P1-04 5V0 Supply through input poly fuse
P1-06 GND
P1-08 GPIO 14 Boot to Alt 0 -> UART0_TXD ALT5 = UART1_TXD
P1-10 GPIO 15 Boot to Alt 0 -> UART0_RXD ALT5 = UART1_RXD
P1-12 GPIO 18 PCM_CLK ALT4 = SPI1_CE0_N ALT5 = PWM0
P1-14 GND
P1-16 GPIO23 ALT3 = SD1_CMD ALT4 = ARM_RTCK
P1-18 GPIO24 ALT3 = SD1_DAT0 ALT4 = ARM_TDO
P1-20 GND
P1-22 GPIO25 ALT3 = SD1_DAT1 ALT4 = ARM_TCK
P1-24 GPIO08 SPI0_CE0_N
P1-26 GPIO07 SPI0_CE1_N

P1 Header Pinout, bottom row:

Pin Number Pin Name Rev1 Pin Name Rev2 Hardware Notes Alt 0 Function Other Alternative Functions
P1-01 3.3 V 50 mA max (01 & 17)
P1-03 GPIO 0 GPIO 2 1K8 pull up resistor I2C0_SDA / I2C1_SDA
P1-05 GPIO 1 GPIO 3 1K8 pull up resistor I2C0_SCL / I2C1_SCL
P1-07 GPIO 4 GPCLK0 ALT5 = ARM_TDI
P1-09 GND
P1-11 GPIO17 ALT3 = UART0_RTS ALT4 = SPI1_CE1_N ALT5 = UART1_RTS
P1-13 GPIO21 GPIO27 PCM_DOUT / reserved ALT4 = SPI1_SCLK ALT5 = GPCLK1 / ALT3 = SD1_DAT3 ALT4 = ARM_TMS
P1-15 GPIO22 ALT3 = SD1_CLK ALT4 = ARM_TRST
P1-17 3.3 V 50 mA max (01 & 17)
P1-19 GPIO10 SPI0_MOSI
P1-21 GPIO9 SPI0_MISO
P1-23 GPIO11 SPI0_SCLK
P1-25 GND

source: http://elinux.org/RPi_Low-level_peripherals

Colour legend
+5 V
+3.3 V
Ground, 0V
UART
GPIO
SPI
I²C
Standard