Linux, Networking, Server

Membuat SSH tunnel server pada CentOS.

Tasted by ibolobolo.

ssh

ssh1

#Siapin CentOS #Install OpenSSH (yum install openssh)

Config pada centos

$ssh -D 9999 username@alamat-ssh-server

$ssh -D 9123 van@server.ssh.com

Masukkan password account anda pada server SSH tersebut. Lalu komputer anda akan membuat SOCKS Proxy pada port “9123″. Biarkan koneksi ini terus terbuka, dan jangan di tutup!

Kemudian kita akan seting browser kita agar menggunakan proxy lokal yang telah kita buat.
Pada Firefox, masuk ke “Edit => Preferences”
Pada Tab “Advanced” pilih “Network” lalu klik “Settings” pada kolom “Connection”
Pilih “Manual Proxy Configuration” dan isikan “localhost” pada kolom “SOCKS Host” dan pada “Port” isikan port yang telah kita buat, dalam contoh ini adalah “9123″

Tutup jendela konfigurasi network firefox anda. kemudian cobalah browsing seperti biasa. Jika tunneling kita berhasil, maka akan terasa perbedaan kecepatan nya. Apalagi jika server terletak di jaringan IIX dan mempunyai bandwith yang sangat besar.
Jika tidak, cobalah cari SSH server lain yang terletak di jalur IIX dan punya koneksi sangat kencang (Tidak akan saya jelaskan, dan jangan tanya).
Atau anda juga bisa membuat tunneling sendiri pada jaringan di kantor atau Instansi anda. Mungkin ada komputer lain yang koneksinya lebih kencang dan maknyus dari yang anda gunakan. Tinggal isikan IP Address dari komputer tersebut. Yah dengan syarat, komputer target tersebut mempunya SSH Server dengan support Tunnel (UDP Port) dan anda mempunyai (mengetahui) account pada komputer target tersebut.

Jurus ini tidak terpaku hanya untuk browser, namun bisa juga digunakan untuk aplikasi2 lain yang mendukung SOCKS Proxy. Karena jalur ini lah yang kita gunakan.

Selain itu, tunneling ini juga biasa digunakan untuk Anonymous Browsing, atau menjelajah internet secara anonymous. Artinya identitas asli kita akan ditutupi oleh identitas dari SSH Server yang kita tunnel. Sehingga kita pun aman.
Coba anda cek IP address anda pada saat sebelum tunneling dan pada saat tunneling.

Untuk di Windows, anda bisa menggunakan software Putty untuk melakukan tunneling ke server. Penjelasan penggunaanya, kapan-kapan saya tulis.

Lebih jauh lagi, anda bisa membuat sendiri konfigurasi untuk Tunneling pada file config ssh anda. Jika anda menggunakan Ubuntu, file tersebut ada di:
“/etc/ssh/ssh_config”

source : http://www.akemapa.com/2007/11/28/mempercepat-koneksi-dengan-ssh-tunneling/

Untuk detail penggunaan SSH, anda bisa mengunjungi situs ini:

http://souptonuts.sourceforge.net/sshtips.htm

Advertisements
Standard
Networking, Server

Memaanfaatkan IP dinamis.

1

 

Ip dinamis ip yg selalu berubah dalam waktu tertentu. nah, buat yg pada pengen punya server di rumah dengan akses internet speedy, ada beberapa cara yg bisa dilakuin untuk merubah ip dinamis nya.

dengan ip yg bisa diakses lwt internet banyak yg bisa dilakuin. misalnya, CCTV online , SMS gateway Web Based, dll.

Dalam kasus ini gw pake akses speedy. Hal pertama harus punya akun di salah satu penyedia Dynamic DNS. ada banyak. gw make noip.com

  1. Daftar www.no-ip.com
  2.  login agar dapat mengakses area member
  3. Setelah masuk ke area member, pilih tab Hosts/Redirects
  4. Pilih Add Host
  5. Isikan hostname sesuai keinginan anda, pilih host sesuai keinginan anda. Nantinya hostname akan digunakan sebagai alamat URL untuk ip publik anda
  6. Host type yang dipilih adalah “DNS Host (A)”
  7. Untuk IP Address akan terisi dengan sendiri sesuai dengan alamat ip publik anda pada saat sedang melakukan add host
  8. Abaikan yang lain, kemudian klik tombol “Create Host”
  9. Sampai tahap ini, anda telah berhasil membuat alamat URL Dynamic DNS.

2

Setelah setting di noip tinggal bikin virtual server di modem speedy nya.

  1. Login ke modem speedy
  2. Advance setup
  3. NAT
  4. Virtual Server
  5. Masukin Ip server lo
  6. Save
  7. Access Management
  8. DDNS  – pilih aktif (Isi host, username dan password nya, jgn lupa service provider nya disesuain)

3 4#DONE

 

Standard
Cisco, Networking, Server

How to Connect GNS3 to Internet.

  • Toplogy

topology

 

  • configure your gns3 cloud, Select your NIC which connect to internet.NIC
  • RUN GNS3.
  • router ip same network which your NIC card.IP
  • in my case my NIC ip is 192.168.137.1 and router ip 192.168.137.10
  • config Default Gateway on router. my GW is: 192.168.137.1ping
  • ping public DNS. i already ping google DNS. 8.8.8.8

my first note with my own english, sorry if bad. 🙂

Standard